SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Sistem Perekonomian di Indonesia pada dasarnya berlandaskan pada Sistem Perekonomian Pancasila (SEP).

Sistem ekonomi Indonesia dinilai sebagai sistem berpola ortodox yang berlandaskan  pada kepentingan pasar. Ke depannya, dengan tantangan ekonomi global yang semakin berat, Indonesia diharapkan bisa mengedepankan sistem ekonomi yang pro terhadap kepentingan nasional.
Sistem perekonomian yang dianut Bangsa Indonesia saat ini, sudah saatnya diganti dengan sistem perekonomian nasional, karena tidak mampu lagi memenuhi tuntutan dan kesejahteraan rakyatnya.
Salah satu penyebab kemiskinan yang terus melanda masyarakat Indonesia dari satu periode ke periode berikutnya, karena sistem ekonomi itu sudah tidak mampu lagi menyahuti tuntutan kesejahteraan, kemakmuran, keadilan dan sosial ekonomi masyarakat.
Tingginya tingkat kesenjangan sosial dan ekonomi yang terjadi antar masyarakat indonesia juga merupakan dampak dari sistem yang ada di negara kita, Termasuk dalam hal ini abdillah mencontohkan dalam masalah perpajakan yang kurang progresif dan dapat diterima masyarakat
karena pemerintah memukul rata pajak sementara tingkat penghasilan masyarakat berbeda. Kucuran dana pinjaman yang mengalir ke indonesia juga memerlukan mekanisme yang jelas dan tepat agar utang yang masuk dapat dioptimalakan untuk kepentingan bangsa tanpa berbagai persyaratan yang memberatkan negara kita dan justru memberi untung bagi negara pemberi utang tersebut.

“Yang terjadi di negara kita adalah bisnis-bisnis aset lebih besar dibandingkan dengan ekonomi real yang secara langsung mempengaruhi kehidupan sebagian masayarakat indonesia. Pemerintah dan swasta seharusnya bekerjasama dengan baik agar dapat memperkuat ketahanan ekonomi negara karena kekuatan tersebut tidak hanya diukur oleh besaran ekonomi tapi bagaimana lembaga-lembaga ekonomi yang diciptakan mampu diturunkan untuk bekerja pada sektor-sektor real di masyarkat,”  ( Menteri Pertahanan, Juwono Sudarsono)

http://iniiblogusi.blogspot.com/2010/03/sistem-perekonomian-di-indonesia.html
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/07/02/22450791/indonesia.perlu.merancang.sistem.ekonomi.baru
www.mudrajad.com/upload/journal_sistem-ekonomi-pancasila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s